MGMP SOSIOLOGI SMA KOTA TEGAL

MGMP SOSIOLOGI SMA KOTA TEGAL
Forum untuk peningkatan profesonalitas Guru

Sabtu, 22 Agustus 2009

ptk sosiologi

PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MASYARAKAT MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI KELAS XI IPS.1 SMA NEGERI 3 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Oleh :

Noerhidayah Suprihatini, S.Sos.

NIP. 500108023

ABSTRAK

Kata kunci : Pembelajaran Masyarakat Multikultural, Sosiologi, Model Problem Based Learning

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (a) Apakah dengan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan penguasaan konsep Masyarakat Multikultural pada pembelajaran Sosiologi pada kelas XI IPS.1 SMA Negeri 3 Kota Tegal tahun pelajaran 2007/2008?, (b) Bagaimana perubahan tingkah laku yang menyertai peningkatan kualitas pembelajaran sosiologi melalui Model Problem Based Learning?

Tujuan penelitian ini adalah: (a) Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sosiologi melalui Model Problem Based Learning pada kelas XI IPS.1, (b) untuk mengetahui perubahan tingkah laku yang menyertai peningkatan kualitas pembelajaran sosiologi melalui Model Problem Based Learning pada kelas XI IPS.1

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes yang diolah dengan menggunakan deskripsi prosentase. Nilai yang diperoleh siswa dirata-rata untuk menemukan tingkat penguasaan konsep Masyarakat multikultural dalam pembelajaran sosiologi. Data kualitatif diperoleh dari observasi, wawancara dan jurnal yang diklasifikasi berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan bahan analisis. Data kuantitatif dan kualitatif ini kemudian dicari hubungannya sebagai dasar untuk memaparkan keberhasilan penerapan Model Problem Based Learning, yang ditandai dengan peningkatan penguasaan konsep masyarakat multikultural dalam pembelajaran sosiologi secara klasikal dan perubahan tingkah laku yang menyertainya. Penelitian ini dilaksanakan minggu kedua Maret 2008 sampai dengan akhir april 2008 di SMA Negeri 3 Kota Tegal.

Kesimpulan penelitian ini adalah: (a) Model Problem Based Learning dapat meningkatkan penguasaan konsep masyarakat multikultural dalam pembelajaran sosiologi pada kelas XI IPS.1 SMA Negeri 3 Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009. Peningkatan penguasaan tersebut meliputi aspek kognitif, aspek psikomotor dan aspek afektif baik secara individual maupun secara klasikal, (b) Perubahan tingkah laku yang menyertai peningkatan kualitas pembelajaran itu adalah terjadinya peningkatan dalam hal: kepekaan para siswa dalam mengidentifikasi masalah sosial, kemampuan sejumlah siswa dalam berargumentasi, dan meningkatnya motivasi dalam mengikuti pembelajaran sosiologi.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar